Henna Designs Dan Tips Cara Menghilangkannya

Berbagai referensi gambar henna bisa diperoleh dengan mudah. Henna diyakini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meski tradisi melakukan tato dengan bahan alami ini bukan asli berasal dari Indonesia, namun sejumlah daerah di Indonesia telah biasa melakukannya. Istilah untuk memberikan beberapa motif atau tato alami ini disebut Mehndi. Di berbagai daerah di Indonesia, Mehndi ini digunakan sebagai salah satu pelengkap ritual acara terutama untuk acara pernikahan. Memang, ritual ini sangat kental dengan budaya luar negeri dari Timur Tengah dan khususnya negara India.

gambar henna

Yang menarik, Mehndi di Indonesia dan di luar negeri sejatinya memiliki perbedaan motif. Untuk berbagai ritual tradisional, bukan kecantikan gambar henna yang menempel pada tangan atau kaki yang utama melainkan kepercayaan dan doa untuk mengusir roh jahat. Jika di luar negeri, ukiran henna pada tangan dan kaki sangatlah cantik. Berbagai desain akan mempercantik anggota gerak calon pengantin terutama pada bagian tangan dan punggung telapak tangan.

Meski awalnya henna di negeri ini bukan untuk nilai estetika, namun saat ini berbagai gambar henna bisa dipilih. Ya, justru masyarakat Indonesia saat ini menggunakan henna pada tangannya untuk sekedar nilai estetika. Desain yang dipilih pun lebih beragam. Diantara pilihan pilihan yang dibuatkan oleh henna artist di Indonesia, inilah dia aneka pilihannya:

  • Desain Motif Henna Simpel

Untuk anda yang ingin berlatih membuat henna sendiri, mulailah dengan motif yang simpel dengan hanya bermain garis dan motif circle. Yang terpenting, jika anda tidak yakin dengan hasil jadi yang memuaskan, gunakanlah media kertas terlebih dahulu. Jika langsung menggunakan tangan, akan lebih susah menghapusnya jika salah memberi motif. Jika anda ingin dibuatkan oleh Henna Artist, motif simpel ini sangat pas untuk anda yang sekedar mempercantik tangan tanpa ada maksud melangsungkan pernikahan.

  • Desain Ukir Kelopak Bunga

Kelopak bunga memang moif yang sangat sering digunakan. Henna yang diukir di tangan menyerupai kelopak kelopak bunga akan membuat si penggunanya semakin terlihat cantik dan feminim. Desain seperti ini juga sering digunakan untuk acara pernikahan.

  • Henna Untuk Pernikahan

Motif untuk pernikahan, biasanya berupa ukiran henna yang lengkap. Terdiri dari motif motif floral, daun daun, circle, dan seperti membatik dengan indah. Warna warna untuk henna yang akan digunakan sebagai aksesoris pernikahan juga biasanya lebih beragam. Bisa berwarna hitam dan maroon sebagai warna favorit, bisa juga berwarna putih.

Walaupun Henna aman dan menyerap air, namun sebagian orang ingin segera menghapus gambar henna setelah acara selesai. Menghilangkan henna ini cukuplah mudah. Anda bisa gunakan pemutih yang dioleskan pada anggota tubuh yang digunakan sebagai media Mehndi. Namun, cara instan ini untuk sebagian orang mengakibatkan alergi. Solusi lainnya, bisa juga mengoleskan bahan lain seperti baking soda dan lemon atau juga bisa dengan menggunakan pasta gigi dan gosok berkali kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*