Perbedaan Rayap dan Laron

Dalam koloni rayap memiliki kasta dan jenis yang berbeda menurut tugasnya dalam koloni tersebut. Rayap itu sendiri merupakan hewan sosial dimana dalam mencari makan dan kelangsungan hidupnya bergantung dari kelompok dan kerjasama mereka. Dalam rayap terdapat beberapa jenis rayap seperti rayap pekerja, rayap prajurit, ratu rayap, dan laron. Kita akan membahas perbedaan rayap dan laron tersebut yang sering membuat orang kebingugan untuk cara membedakannya. Untuk penjelasannya sebagai berikut.

Rayap

Rayap merupakan hewan kecil dengan tubuh terdiri dari kepala, kaki, dan perut. Rayap tersebut mencari makan di sekitar lingkungan sarang mereka. Rayap memang dikenal sebagai hewan yang sosial. Ada perbedaan rayap dan laron, rayap tidak bersayap dan dalam pekerjaannya memang fokus untuk sarang dan kelangsungan hidupnya sedangkan rayap merupakan hewan yang bebas dan lepas. Tidak bergantung pada kelompoknya, laron sering terbang mengikuti kemauannya dan juga untuk berkembang biak dan meneruskan koloni yang baru.

Untuk membasmi hewan ini bisa menggunakan obat rayap dust yang sudah banyak dijual di pasaran.

Laron

Laron itu sendiri memiliki tubuh yang terdiri dari badan, kepala, kaki, dan sayap. Laron memiliki perbedaan dengan rayap karena laron ini dibekali dengan sayap dan merupakan rayap yang akna menjadi raja dan ratu pada koloni baru. Perbedaan rayap dan laron ini sudah jelas dilihat dari tugasnya. Laron yang memiliki sayap akan terbang dan mencari pasangan sesukanya dimana laron ini yang akan menjadi cikal bakal raja dan ratu untuk koloni yang baru. Perbedaan rayap dan laron yang lainnya adalah rayap merupakan hewan yang buta dan tuli sehingga untuk bekerja menggunakan insting yang kuat, berbeda dengan laron yang memiliki daya sensitif pada cahaya. Maka dari itu kita sering menemui laron sering berterbangan sekitar lampu. Laron akan terbang bebas mencari tempat baru untuk bersarang dan berkembang biak. Berbeda dengan rayap, laron ini tidak berjiwa sosial, hanya akan mencari pasangan dan setelah itu berkembang biak.

Beberapa dari penjelasan diatas merupakan perbedaan rayap dan laron. Dari bentuk dan tugasnya yang berbeda namun tetap satu tujuan untuk membangun koloni yang semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*